Tombol Power Rusak? Ini Cara Tetap Bisa Gunakan Smartphone Secara Normal

Tombol Power Rusak? Ini Cara Tetap Bisa Gunakan Smartphone Secara Normal
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Tips & Trik

Tombol power yang biasa digunakan untuk menyalakan dan mematikan smartphone adalah salah satu tombol paling krusial pada smartphone. Kita sebagai pengguna smartphone tentunya akan mengalami masalah besar jika tombol yang satu ini rusak atau gak berfungsi lagi.
Lalu gimana kalo kita gak bisa lagi menyalakan atau mematikan smartphone kita? Bahkan untuk sekedar buka kunci (unlock) smartphone saja kita gak bisa lakukan karena tombol power yang rusak. Tenang aja, percuma kamu baca artikel ini kalo gak dapat solusinya. Berikut kita kasih tips untuk tetap bisa menggunakan smartphone secara normal meski tombol power rusak.
Berikut ini beberapa cara untuk tetap bisa menggunakan smartphone secara normal meskipun tombol power kamu sedang mengalami kerusakan. Beberapa cara di antaranya adalah cara untuk menyalakan dan mematikan smartphone tanpa tombol power dan cara membuka dan menutup kunci smartphone. Berikut cara-caranya di bawah ini:
Aktifkan USB Debugging
Cara ini dilakukan agar smartphone kamu yang tombol powernya mengalami kerusakan, tetap bisa diakses melalui perangkat lain semisal PC atau laptop kamu.
  • Buka menu “Settings”.
  • Pilih opsi “Developer options”.
  • Aktifkan/nyalakan “Developer options” hingga berstatus “On”.
  • Pilih dan tekan opsi “USB debugging”.
Aktifkan Scheduled Power On/Off
Cara ini dilakukan agar smartphone kamu dapat otomatis menyala dan mematikan diri sendiri tanpa tombol power. Kamu bisa mengatur kapan waktu menyala dan kapan waktu mati sesukamu.
  • Buka menu “Settings”.
  • Cari opsi “Scheduled power on/off”.
  • Aktifkan masing-masing opsi “Power on” dan “Power off”.
  • Tentukan waktu yang kamu inginkan baik untuk menyalakan atau mematikan smartphone.
Membuka Kunci (Unlock) Smartphone dalam Keadaan Mati
Tombol power kamu tiba-tiba rusak dan kamu belum sempat melakukan dua cara di atas, maka kamu wajib mencoba untuk menyambungkan smartphone kamu dengan perangkat PC atau laptop dengan menggunakan kabel USB. Cara ini bisa saja ‘memancing’ smartphone kamu untuk melakukan proses reboot atau restart. Jadi, smartphone kamu bisa menyala.
Membuka Kunci (Unlock) Smartphone dalam Keadaan Menyala
Untuk kasus saat smartphone masih dalam keadaan menyala harusnya lebih mudah lagi. Kamu bisa melakukan cara yang sama persis dengan cara di atas. Smartphone kamu niscaya akan langsung mengeluarkan cahaya kehidupan alias menyala dan kamu bisa langsung membuka kunci yang kamu pasang entah berupa pattern, PIN, atau kata sandi.
Itulah cara mengatasi tombol power yang rusak agar smartphone kamu tetap bisa digunakan secara normal meski dalam keadaan tombol power mengalami kerusakan. Jadi buat kamu yang kondisi kantongnya lagi pas-pasan dan gak ingin uangnya terpakai untuk biaya service smartphone, berarti kamu harus banget melakukan tips-tips yang di atas. Selamat mencoba!

0 Response to "Tombol Power Rusak? Ini Cara Tetap Bisa Gunakan Smartphone Secara Normal"

Post a Comment