Pengertian Tasawuf Menurut Pendapat Tokoh Tokoh Agama

Pengertian Tasawuf Menurut Pendapat Tokoh Tokoh Agama
Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Agama Islam

Tasawuf merupakan salah satu istilah yang digunakan dalam agama Islam. Istilah ini merupakan istilah yang menggambarkan ilmu pengetahuan yang cenderung lebih mementingkan akhirat dibandingkan dengan dunia.

Istilah tasawuf yang sering juga disebut dengan istilah sufi memang sangat jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Meskipun begitu, sebagai umat manusia yang terus belajar, sudah sepatutnya kita mengetahui arti atau pun makna istilah tasawuf.
Untuk membantu kita dalam memahami pengertian kata tasawuf, berikut merupakan beberapa pendapat ahli dan juga Tokoh Agama Islam mengenai arti kata tasawuf :

Beberapa Pengertian Tasawuf

Menurut Wikipedia, pengertian tasawuf adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihkan akhlaq, membangun dhahir dan batin serta untuk memperoleh kebahagiaan yang abadi.
Selain pengertian di atas, berikut merupakan beberapa pendapat yang coba diungkapkan ulamah mengenai ilmu tasawuf :
Mr. G. B. J Hiltermann & Prof. Dr. P. Van De Woestijne
Menurut mereka, tasawuf merupakan paham mistik dalam agama Islam sebagaimana Taoisme di Tiongkok dan Yoga di India. Tasawuf juga dapat digolongkan ke dalam dunia asketis – mistis dalam ajaran Islam.
Dr. C. B. Van Haeringen
Menurut Dr. C. B. Van haeringen, pengertian tasawuf adalah aliran kerohanian mistik (mystiek geestroming) dalam agama Islam.
J. Kramers Jz
Menurut J. Kramers Jz, tasawuf merupakan ajaran mistik yang dianut oleh sekelompok kepercayaan di timur terutama daerah sekitar Persi dan India yang mengajarkan bahwa setiap yang ada di dunia merupakan sesuatu yang khayali, manusia dianggap sebagai pancaran dari Tuhan dan sudah seharusnya selalu berusaha untuk kembali bersatu dengan Tuhan.
Prof. Dr. H. Abubakar Aceh
Menurut Prof. Dr. H. Abubakar Aceh, tasawuf merupakan aliran mistik yang pada awalnya berasal dari berbagai aliran mistik Masehi, Persi, Platonisme, dan India yang secara perlahan – lahan mempengaruhi aliran – alirah / ajaran – ajaran yang ada di dalam agama Islam.
Amien Jaiz
Menurut MH. Amien Jaiz, paham tasawuf pada dasarnya berasal dari dua unsur yaitu yang pertama dari unsur perasaan kebatinan yang terdapat pada orang Islam di awal perkembangan ajaran agama Islam, dan yang kedua adalah unsur adat atau pun kebiasaan orang Islam baru yang berasal dari ajaran – ajaran agama / kepercayaan lainnya yang sudah ada / dianut sebelumya.

0 Response to "Pengertian Tasawuf Menurut Pendapat Tokoh Tokoh Agama"

Post a Comment